Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 17 Desember 2012

ROHIS

PERAN KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP NEGERI 1 MUGKID

ABSTRAK

AKOYUONO: Efektifitas Kegiatan Rohani Islam (Rohis) Terhadap Perilaku Keagamaan Aktivis Rohis Di SMP Negeri 1 Mungkid. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2010.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan Rohis dan mengetahui perilaku keagamaan aktivis Rohis yang mengikuti kegiatan Rohis serta untuk mengetahui peran kegiatan Rohis terhadap perilaku keagamaan siswa di SMP Negeri 1 Mungkid.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang meneliti efektifitas kegiatan Rohani Islam (Rohis) terhadap perilaku keagamaan siswa di SMP Negeri 1 Mungkid yang menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah 37 siswa yang aktif di dalam kegiatan Rohis SMP Negeri 1 Mungkid, Magelang.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif kualitatif mengungkapkan bahwa Kegiatan Rohis di SMP Negeri 1 Mungkid dilaksanakan secara kontinuitas serta bersifat Islami dan adanya pembinaan yang dilakuka oleh pengurus Rohis secara langsung kepada calon kader. Kegiatan berjalan dengan baik walaupun masih ada hambatan.Perilaku keagamaan aktivis Rohis di SMP Negeri 1 Mungkid menunjukan adanya suatu perilaku yang baik pada aktivis, ramah, sopan dan menghormati. Efektifitas kegiatan Rohis terhadap perilaku keagamaan aktivis Rohis SMP Negeri 1 Mungkid mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap perilaku keagamaan aktivis Rohis melalui bimbingan dan pembinaan secara langsung dari pembina Rohis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar